Optimalkan Mitigasi, Kodim 0605 Subang Gelar Apel Kesiapsiagaan Bencana Alam

SUBANG,Lampusatu.com – Dalam rangka kesiapsiagaan dan penanggulangan bencana alam, Kodim 0605 Subang menggelar apel bersama di halaman Makodim 0605 Subang, Jumat (22/10/2020) pagi.

Bertindak sebagai inspektur upacara dalam apel tersebut Kalak BPBD Subang, H.Hidayat mewakili Bupati Subang. Diikuti Kasdim 0605 Subang, Mayor Inf Yuyum Rubiansyah, Wakapolres Subang Kompol Dony Eko Wicakson, beserta jajaran Forkopimda Subang lainnya.

H.Hidayat menyampaikan
apel kesiapsiagaan bencana ini untuk meningkatkan kesiapsiagaan seluruh komponen pemerintah dan masyarakat dalam menghadapi ancaman bencana hidrometeorologi di Kabupaten Subang, seperti banjir, tanah longsor, dan angin puting beliung.

Adapun tujuannya,  yaitu untuk meningkatkan koordinasi para stakeholder penanggulangan bencana dalam menghadapi bencana alam di musim hujan ini.

Baca juga  Hari Ini Letjen Doni Monardo, Dikabarkan Akan Dilantik Menjadi Kepala BNPB
Istimewa

Selain itu, untuk meningkatkan kewaspadaan masyarakat dalam menghadapi puncak musim hujan, serta untuk memberikan pemahaman penanganan bencana kepada para pemangku kepentingan dan relawan. Kabupaten Subang merupakan daerah memiliki banyak potensi.

Namun, di balik itu dari komposisi geografis, geologis, hidrologis, dan demografis. Kabupaten Subang menyimpan potensi bencana yang diakibatkan faktor alam maupun non alam.

“Oleh karena itu untuk antisipasi terjadi bencana diperlukan kesiapsiagaan semua jajaran baik pemerintah, swasta, relawan, maupun masyarakat dalam upaya pengurangan risiko bencana. Seluruh pemangku kepentingan dan elemen masyarakat, harus tanggap terhadap ancaman bencana,”ungkapnya.

Baca juga  Resmi Menyandang Baret Ungu Kebanggaan Korps Marinir, Sebanyak 186 Prajurit Muda Siap Bertugas

Ditegaskan dia, bukan hanya saat terjadi tanggap darurat bencana, tetapi juga pada pra bencana dan pasca bencana penanggulangan bencana tidak lagi hanya dititik beratkan pada kedaruratan saja, namun upaya pengurangan risiko bencana yang menuntut adanya kesiapsiagaan seluruh pihak.

” Untuk itu, melalui kegiatan apel siaga bencana ini , seluruh pihak dihimbau untuk dapat mengoptimalkan upaya mitigasi bencana. Kemudian saya berharap setiap Instansi yang ada di wilayah Kab. Subang untuk lebih meningkatkan kerjasama dan koordinasi sehingga setiap tugas akan sesuai dengan apa yang telah direncanakan dan menghasilkan yang maksimal,”jelasnya.

Ia menambahkan, dengan kegiatan apel kesiapsiagaan bencana alam tahun 2020 ini agar lebih peka dan tanggap terhadap perkembangan situasi diwilayahnya masing-masing.

Baca juga  Serka Sumarna Berikan Materi Bela Negara Kepada Anggota Linmas

” Segera lapor cepat, bertindak cepat apabila ada hal-hal yang menonjol di wilayahnya. Contohnya saat ini situasi di wilayah sedang rawan-rawanya terjadi bencana. Laksanakan koordinasi dengan intansi terkait dalam penanggulangannya, sesuai prosedur yang berlaku yaitu sesuai dengan Undang-undang Nomor 24 Tahun 2007 tentang penanggulangan bencana,”pungkasnya.

Apel kesiapsiagaan inipun diiikuti oleh para Danramil di bawah Kodim 0605 Subang, para Babinsa dari perwakilan Koramil, personel Polres Subang, Lanud Suryadarma, PMI Subang, Tagana, Resque Damkar Subang, dan tamu undangan lainnya.

Galih Andika

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini