Connect with us

TNI

Pewasat Hercules Milik TNI AU Ambil Alat Kesehatan Covid-19 dari China

Published

on

Foto : Istimewa.

JAKARTA,Lampusatu.com – Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto telah mengirim pesawat Hercules untuk mengangkut alat kesehatan (alkes) dari Shanghai, China.

Pesawat ini nantinya akan membawa alkes yang telah dibeli oleh Pemerintah Indonesia seberat kurang lebih 9 ton dan akan digunakan untuk penanganan pasien Covid-19.

“Sesuai surat permohonan Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, TNI AU telah memberangkatkan satu unit pesawat C130 Hercules dari Skadron Udara 32 Wing Udara 2 Lanud Abdulrachman Saleh Malang,” ujar Kepala Dinas Penerangan Angkatan Udara (Kadispenau) Marsma TNI Fajar Adriyanto dalam keterangan tertulisnya Sabtu (21/3/2020).

Baca juga  Kolonel Tek Iman Gozali Jabat Danwingdiktekkal

Menurut Fajar, pesawat bernomor registrasi A-1333 yang dikemudikan Komandan Skadron Udara 32 Letkol Pnb Suryo telah lepas landas dari Lapangan Udara Abdulrachman Saleh pukul 06.55 WIB, pagi tadi.

Pesawat tersebut terbang dengan rute Malang-Natuna-Hainan-Shanghai.

“Sebanyak 21 kru pesawat dan pendukung turut serta dalam misi ini, beserta dua personel dari Kemhan RI,” tutur Fajar.

Selama proses penjemputan logistik itu pesawat akan melakukan dua kali transit di Lanud Raden Sadjad Natuna dan Bandara Sanya di Hainan.

Pesawat melakukan pengisian bahan bakar sebelum mendarat di Bandara Pudong di Shanghai.

Baca juga  Warga Subang Ngeluh Masker Langka dan Kalaupun Ada Harganya Mahal

Sebelumnya, Menteri Pertahanan Prabowo Subianto meminta penggunaan pesawat TNI untuk mengangkut alkes dari Shanghai, China, guna mengatasi penyebaran virus corona atau Covid-19.

“Kemarin (18/03/2020) Menhan Prabowo Subianto meminta penggunaan Pesawat TNI untuk mengambil alat-alat kesehatan dari Shanghai,” ujar Juru Bicara Menteri Pertahanan Dahnil Anzar Simanjuntak melalui keterangan tertulis, Kamis (19/3/2020).

Dahnil mengatakan, Prabowo ingin pesawat TNI digunakan agar mempermudah proses birokrasi antarpemerintah.

Sehingga, alat kesehatan tersebut secepatnya dapat membantu tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19.

“Proses birokrasi G to G yang cepat dibandingkan dengan penggunaan fasilitas lainnya dan bisa membantu Tim Gugus Tugas Covid-19 seperti yang diperintahkan Presiden RI Joko Widodo,” kata Dahnil.

Baca juga  Mantan Dandim Subang, Letkol Arm (Purn) Endang Supriyatna Tutup Usia

Dahnil menjelaskan, alkes yang akan diangkut dari China meliputi disposable masks, masker N-95, protective clothing, kacamata pelindung, sarung tangan, pelindung sepatu, infrared thermometer, dan surgical caps.

Nantinya, perlengkapan tersebut dapat digunakan tim medis Kementerian Pertahanan dan TNI untuk membantu Gugus Tugas Covid 19.

“Dan para dokter yang sudah berjuang di lapangan dalam rangka pencegahan dan penanggulangan penyebaran Covid-19,” kata dia.

Sumber : Kompas.com