Connect with us

TNI

Sebanyak 175 Personel Batalyon Armed 9 Pasopati Kostrad Diterjunkan Amankan Pemilu 2019

Published

on

Foto : Anggota Batalyon Armed 9 Pasopati Kostrad Siap Amankan Pemilu 2019.

PURWAKARTA,Lampusatu.com – Ratusan personel TNI dari Batalyon Armed 9 Pasopati Kostrad, diserahkan menjadi Bawah Kendali Operasi (BKO) membantu kepolisian amankan Pemilu Presiden dan Legislatif 2019 yang akan dilaksanakan 17 April mendatang.

“Kita siap menerjunkan sekitar 175 prajurit yang kita sebar di dua daerah yakni Kabupaten Purwakarta dan Tanggerang, untuk mengawasi dan membantu tugas kepolisian mengamankan dan menyukseskan pemilu 2019 ini,” kata Danyon Armed 9 Pasopati Kostrad, Mayor Arm Andi Achmad Afandi, saat ditemui disela-sela kegiatannya, Selasa (16/4/2019).

Baca juga  6.000 Pasukan TNI Dikerahkan Amankan Jalannya Perayaan Natal 2018 di Ibu Kota Jakarta

Danyon menegaskan pihaknya bakal  menjaga kondusifitas gelaran pesta demokrasi 5 tahunan tersebut.

“Kami bakal membantu kepolisian dan pemerintah daerah melakukan pengawasan untuk mencegah gesekan konflik yang acap kali terjadi antar-pendukung dalam Pemilu presiden dan legislatif ini,” ujarnya.

Batalyon Armed 9 Pasopati Kostrad juga akan terus melakukan koordinasi dengan pihak kepolisian di dua wilayah tersebut untuk mengoptimalkan tugas pengamanan.

Baca juga  Danmenarmed 2/1 Kostrad Pimpin Langsung Apel Gelar Pasukan Pengamanan Pemilu 2019

“Pihak Kepolisian menjadi komandan di lapangan. Kalau terjadi emergency barulah kami akan turun membantu, mudahan-mudahan semua berjalan lancar,” kata Andi.

Di sisi lain, ia juga menegaskan bahwa jajaran TNI tetap netral dalam Pemilu 2019 ini. Andi mengklaim bahwa jajarannya dapat mematuhi Undang-Undang RI Nomor 34 Tahun 2004 tentang TNI yang mewajibkan anggota TNI tak berpihak pada kepentingan politik tertentu.

Baca juga  Koramil Kalijati- Pemcam Dawuan Gelar Karya Bakti Bersihkan Sampah Saluran Irigasi PJT

“Masyarakat agar tidak meragukannya, tentara netral, itu sudah jelas perintahnya dalam menghadapi Pilpres dan Pileg 2019 ini,” pungkasnya.

 

 

 

Foto : Alif

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *