Connect with us

TNI

Tingkatkan Hasil Pertanian, Satgas TMMD Kodim Kuningan Benahi Saluran Air di Desa Mandapajaya

Published

on

Foto : Satgas Kodim 0615/Kabupaten Kuningan bersama unsur masyarakat membersihkan dan membenahi saluran air yang menuju areal persawahan di Desa Mandapajaya, Kecamatan Cilebak, Kabupaten Kuningan, beberapa hari lalu.

KUNINGAN,Lampusatu.com – Dalam pelaksanaan program TMMD Ke-104 ,  Satgas Kodim 0615/Kabupaten Kuningan bersama unsur masyarakat membersihkan dan membenahi saluran air yang menuju areal persawahan di Desa Mandapajaya, Kecamatan Cilebak, Kabupaten Kuningan, beberapa hari lalu.

Kegiatan itu dilakukan Satgas TMMD bersama mitra cai dan masyarakat setempat. Pembersihan dilakukan sepanjang saluran air yang menuju areal pesawahan di Blok Nangahi, Desa Mandapajaya. Dengan harapkan dapat meningkatkan hasil pertanian masyarakat. Menuju swasembada pangan.

Baca juga  Letkol Arh Yogi Nugroho Berkunjung ke Makodim 0619/Purwakarta

“Harapannya, saluran air yang dibersihkan akan mampu menyuplai air secara optimal,” ujar Dandim 0615/Kuningan, Letkol Inf Daru Cahyadi Soeprapto.

Dia mengingatkan, air merupakan salah satu faktor utama yang memengaruhi hasil pertanian masyarakat, khususnya kala kemarau. Suplai air yang optimal diyakini akan menjamin kebutuhan tanaman padi agar tumbuh normal.

Sebelum ini, berbagai langkah efektivitas telah dilaksanakan tim satgas TMMD. Dengan Danramil 1507/Luragung, Kapten Inf Muadi selaku koordinator pelaksana, pembenahan saluran irigasi tersebut sudah melalui tahap perencanaan, koordinasi, peninjauan lokasi, hingga sosialisasi kepada masyarakat, khususnya petani Desa Mandapajaya.

Baca juga  Luar Biasa, Tak Ada Libur Satgas TMMD Ajak Masyarakat Bersih - bersih Lingkungannya

Muadi sendiri memandang, kebersihan saluran air dapat mengoptimalkan swasembada pangan masyarakat. Dia pun mengingatkan, babinsa, PPL, perangkat desa, mitra cai, kelompok tani, dan masyarakat harus tetap menyatu, khususnya dalam menjaga kebersihan saluran air.

“Diharapkan kerjasama yang baik antara petani, babinsa, dan PPL. Di samping sebagai upaya khusus meningkatkan produktivias pertanian, ini juga bermakna wujud kebersamaan TNI dan rakyat,” pungkasnya.

Baca juga  Tim Wasrik Itjen TNI Kunker ke Lanud Suryadarma

Red : Galih Andika