Connect with us

Wisata/Budaya

10 Top Wisata Kuliner yang Ada di Kabupaten Karawang

Published

on

Foto : Kuliner khas Karawang yang pertama adalah ikan gabus bumbu pucung.

KARAWANG,Lampusatu.com,-Ada dua hal yang bisa membuat kita ingat akan Kabupaten Karawang. Yaitu Karawang sebagai kota industri dan lumbung padi. Namun, Karawang juga memiliki wisata kuliner yang enak dan pastinya akan memanjakan perut.

Lantas apa saja sih wisata kuliner menarik yang ada di Karawang? Yuk langsung kita intip satu persatu dari #Top10KulinerYangAdadi Karawang.

1. Ikan Gabus Bumbu Pucung

Kuliner khas Karawang yang pertama adalah ikan gabus bumbu pucung. Bagi penggemar ikan, menu ini wajib dicoba ketika berkunjung ke Karawang. Anda dapat menemukan menu ikan gabus bumbu pucung ini di daerah Rawamerta, tepatnya di Desa Panyingkiran.

Ikan gabus dengan rasa dan bumbu yang sedap ini tepat untuk dijadikan santap siang. Apalagi, kalau sedang lapar-laparnya dan disuguhi dengan nasi hangat. Maknyus!

2. Gabus Picung Warung Mandiri

Makanan khas Karawang selanjutnya adalah Gabus Picung Warung Mandiri. Menu ini sangat cocok bagi Anda yang menyukai makanan pedas, karena ikan gabus diolah dan diberi bumbu yang pedas juga nikmat.

Jika tertarik dan penasaran ingin mencoba makanan ini, Anda dapat mengunjungi rumah makan di daerah Tanjung Pura. Tepatnya di Jalan Pangkal Perjuangan No 48, Tanjung Pura, Karawang.

3. Sorabi Kuntilanak

Wah, dari namanya saja sudah unik dan bikin penasaran ya. Sorabi Kuntilanak, atau dikenal juga dengan Sorabi Hijau Rengasdengklok, adalah makanan khas yang wajib dicicipi jika bertandang ke Karawang.

Dinamakan sorabi kuntilanak karena awalnya pembuat sorabi, yaitu M. Kasim, menjual sorabi hijau ini di depan pemakaman. Namun, sekarang Kasim berjualan ke lahan pribadi miliknya. Supaya lebih terasa sedap, Anda dapat memakan sorabi ini dengan kuah atau gula yang memiliki dua rasa yaitu durian dan gula merah.

4. Soto Tangkar Mang Nean

Wisata kuliner khas Karawang selanjutnya adalah Soto Tangkar Mang Nean yang berlokasi di Jalan Dewi Sartika, tepatnya di samping Hotel Dewi.

Soto tangkar ini menjadi makanan khas yang wajib dicoba di Karawang karena rasanya yang khas dari bumbu serta resep turun-temurun sejak tahun 1980-an.

Nama Mang Nean sendiri diambil dari nama pemilik dan pendiri warung soto tangkar tersebut, yang kemudian usaha itu dilanjutkan oleh anak-anaknya hingga saat ini.

5. Soto Gempol

Selain soto tangkar, ada juga kuliner soto lainnya yang terkenal di Karawang yaitu Soto Gempol. Dari penampilannya, Soto Gempol ini agak mirip dengan Soto Betawi khas Jakarta. Namun tentunya Soto Gempol ini memiliki cita rasa yang khas dari pendirinya, yaitu H. Abdul Syukur dan Hj. Fatimah.

Kuah Soto Gempol berwarna lebih kekuningan, dan Anda dapat menambahkan bawang serta acar supaya terasa lebih sedap.

6. Ayam Panggang M. Ochit

Mungkin ayam panggang memang dapat ditemui dimana-mana, namun berbeda dengan ayam panggang yang satu ini. Ayam panggang M. Ochit merupakan salah satu kuliner khas Karawang yang banyak digemari dan dicari orang, karena rasanya yang khas dan tentu saja lezat. Anda bisa memesan ayam panggang untuk dibawa sebagai oleh-oleh atau makan di kedai tersebut, yang menyediakan menu nasi timbel lengkap dengan lalapan dan sambalnya.

Jika Anda tergiur, silakan sambangi kedai Ayam Panggang M. Ochit yang terletak di depan SD Mandalasari.

7. Tahu Bumbu Sari Rasa

Jika Sumedang punya tahu Sumedang-nya yang khas, Karawang punya tahu bumbu Sari Rasa yang tak kalah enak dan gurih.

Anda dapat menemukan tahu ini di Jalan Dewi Sartika, yang mana terdapat kedai tahu bumbu Sari Rasa yang sudah berdiri sejak tahun 1980-an.

Kedai ini menyajikan tahu bumbu yang banyak digemari orang dan menjaga agar tahu selalu hangat, yaitu dengan menggorengnya terus-menerus pada api yang kecil.

8. Pepes Jambal Walahar Haji Dirja

Kuliner khas Karawang yang wajib dicoba selanjutnya adalah Pepes Jambal Walahar Haji Dirja, yang terletak dekat Bendungan Walahar. Rumah makan ini menyediakan beragam menu pepes, dan tentunya memiliki menu utama pepes jambal yang digemari banyak orang.

Selain makanannya yang enak dan sedap, tempat ini juga memberikan nuansa nyaman dari desain alaminya sehingga akan membuat Anda betah berlama-lama disana.

9. Lesehan Mang Ajo

Jika Anda hobi memancing, mungkin Anda dapat mencoba mengunjungi Lesehan Mang Ajo yang terletak di Teluk Jambe Barat ini.

Konsep tempat ini adalah pemancingan sekaligus rumah makan yang berbentuk gubuk-gubuk kecil, disertai desain yang natural dan menyatu dengan alam. Ikan hasil pancingan Anda dapat dimasak untuk dimakan langsung atau dibawa pulang, yang biasanya dibandrol sekitar Rp 25.000 per-kilogram.

Rumah makan ini juga tidak hanya menyajikan menu berbahan dasar ikan, namun juga menu lain seperti sop, sate, ayam, nasi goreng, dan lain sebagainya.

10. Es Walikota

Tak lengkap rasanya jika Anda berkunjung ke Karawang namun tidak bertandang ke tempat yang satu ini. Es Walikota adalah kedai es buah yang memiliki kepanjangan dari namanya yaitu Es Warung Lingkungan Kota. Ini sesuai dengan lokasinya yang berada di daerah kota Karawang.

Pada kedai es ini, Anda dapat memilih sendiri es, buah, roti, maupun snack yang ingin Anda makan dalam ukuran mangkuk tertentu. Sistem swalayan ini ternyata dapat menarik perhatian pengunjung untuk datang dan mencoba berbagai menu pada kedai Es Walikota tersebut.

Itulah #Top10PesonaKulinerKarawang yang menyajikan berbagai makanan khas dari Karawang. Sangat menggiurkan dan membuat penasaran bukan? Jadi tidak ada salahnya jika libur Lebaran Anda kali ini diisi dengan berburu kuliner di Karawang yang unik dan enak itu. Selamat mencoba kuliner khas Karawang.

 

Red : Galih Andika
Sumber : Indopos.com

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *