Connect with us

Wisata/Budaya

Disporaparbud Purwakarta : Tahun 2018 Sekitar 2,5 Juta Wisatawan Berkunjung ke Kabupaten Purwakarta

Published

on

Foto : Kepala Bidang Pariwisata dan Kebudayaan pada Disporaparbud Purwakarta, Heri Anwar.

PURWAKARTA,Lampusatu.com,- Pemerintah Kabupaten Purwakarta, mengklaim pada 2018 sekitar 2,5 juta wisatawan berkunjung ke wilayah ini. Hal tersebut diungkapkan
Kepala Bidang Pariwisata dan Kebudayaan pada Disporaparbud Purwakarta, Heri Anwar, saat ditemui di ruangan kerjanya, Kamis (10/1/2019)

Artinya, selama tahun 2018 kemarin jumlah wisatawan telah melebihi target dari target yang telah ditetapkan, yakni 2 juta pengunjung.

Menurut Heri, jika beberapa tahun ini tingkat kunjungan wisatawan ke wilayahnya terus mengalami peningkatan. Kondisi ini terjadi setelah pemerintah setempat melakukan pemolesan dan pengembangan di sejumlah lokasi pariwisata menjadi lebih indah.‎

Baca juga  Obyek Wisata Paralayang Gunung Panteun Majalengka Raih Juara I Anugerah Pesona Indonesia Tahun 2018

“Saat ini, sudah semakin banyak lokasi wisata di wilayah kami. Tak heran, kunjungan wisatawan pun terus meningkat. Tahun ini saja, kunjungan wisatawan telah mencapai 2,3 juta jiwa,” ujarnya.

Dari jumlah pengunjung itu, lanjut dia dia, dua persen di antaranya merupakan wisatawan asing. Adapun wisatawan asing yang datang ke daerah mayoritas untuk berwisata adventure.

Baca juga  Wisata Kampoeng Air Dikeluhkan Netizen dan Wisatawan, Ternyata Ini Penyebabnya

“Untuk target wisatawan di tahun 2019, kita naik targetnya jadi 4 juta wisatawan, sesuai yang di ungkapkan Bupati Purwakarta. Dan 5% kita targetin itu wisatawan dari luar negeri,” jelasnya.

Untuk mencapai target tersebut, Heri menambahkan, saat ini destinasi wisata di wilayahnya mencapai 45 lokasi yang tersebar di hampir seluruh kecamatan yang ada.

Baca juga  Soal Aksesibilitas, Jadi Hambatan Kemajuan Desa Wisata di Kabupaten Subang

“‎Sampai saat ini sudah ada 45 lokasi wisata. Kebanyakan sih wisata alam, dan selebihnya kuliner dan wisata religi,” tambah dia.

Menurutnya‎, dengan banyaknya tempat wisata primadona lainnya, pihaknya memprediksi jumlah kunjungan wisatawan akan lebih meningkat lagi.

“Jika jumlah pengunjung terus meningkat, secara tidak langsung akan membuat roda perekonomian masyarakat semakin berputar cepat dan berimplikasi pada pertumbuhan ekonomi masyarakat Purwakarta,” pungkasnya.

 

 

Wartawan : Alif