Connect with us

Wisata/Budaya

Genjot Kunjungan Wisatawan ke Jabar, Disparbud Jabar Luncurkan Aplikasi ‘Siraru’

Published

on

Foto : Peserta Parade Budaya Kebhinekaan asal Subang Jawa Barat mempertunjukkan tari Sasingaan saat pawai pada Car free day di Bundaran HI, Jakarta, 4 Desember 2016. Kesenian daerah ini bertujuan untuk memupuk kecintaan kepada Budaya Indonesia yang beragam. ANTARA/Yudhi Mahatma

BANDUNG,Lampusatu.com – Pemerintah Provinsi Jawa Barat (Jabar) melalui Dinas Pariwisata dan Kebudayaan akan meluncurkan aplikasi Sistem Pariwisata Terpadu (Siraru). Aplikasi ini dharapkan dapat menggenjot kunjungan wisatawan melalui pendekatan digital.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Jabar Dedi Taufik mengatakan, Provinsi Jawa Barat memiliki 1.924 destinasi wisata dengan karakteristik berbeda-beda. Diharapkan aplikasi itu bisa menjadi panduan wisatawan yang ingin mengeksplorasi destinasi wisata di Jawa Barat.

Baca juga  Selfie Sampai Snorkeling di Sumber Mata Air Cimincul Subang Bikin Ketagihan Wisatawan

“Isi aplikasi akan berkaitan dengan informasi dari mulai kuliner, hotel, juga transportasi yang dapat digunakan menuju lokasi tempat wisata,” ungkap Dedi, di Bandung, Kamis (10/10/2019). Ia menjelaskan, Siraru nantinya akan menghimpun informasi wisata dari level pemerintah pusat, provinsi, kabupaten kota serta penyedia jasa wisata.

Saat ini, kata Dedi, beragam data lokasi pariwisata pada program Siraru terus diperbaharui secara bertahap. “Untuk itu, kami menggandeng berbagai elemen, baik dari asosiasi hotel, travel, pelaku kuliner,” ujarnya.

Baca juga  Liburan Lebaran, Curug Tilu Purwakarta Diburu Wisatawan

Ia juga telah melaksanakan Fucus Grup Discusion (FGD) yang dihadiri oleh Asosiasi Perusahaan Perjalanan Wisata Indonesia (ASITA), BJB, Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI), Organda, Kepala Disparbud kupaten/kota dan Organisasi perangkat daerah.

“Juga dengan Bappeda terkait perencanaan penganggaran. Jadi kita kolaborasikan semuanya,” jelasnya .

Dedi menuturkan, rencananya aplikasi itu akan diluncurkan bersamaan dengan kegiatan West Java Festival pada November mendatang. Wisatawan dan masyarakat nanti bisa mengakses Siraru melalui ponsel pintar yang dapat diunduh melalui playstore.

Baca juga  Wisata Kampoeng Air Dikeluhkan Netizen dan Wisatawan, Ternyata Ini Penyebabnya

 

Sumber :Kompas.com

Wartawan : Iwan Sukmawan

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *